Cara Mencuci Jilbab Supaya Awet dan Tetap Cling

Cara mencuci jilbab- Selain memakai kerudung anda pun juga harus mengetahui bagaimana merawat dan mencuci kerudung yang anda punya agar tidak mudah rusak dan masih terlihat baru. Mencuci kerudung juga penting untuk menjaga kebersihan diri juga ya, karena kerudung yang jarang dicuci bisa menimbulkan bau apek atau tak sedap.


Apalagi sekarang sudah banyak ya model kerudung dengan bahan yang berbeda beda pula, nah terkadang bahan kerudung tertentu sensitif jika mencucinya tidak benar. Kalau mencuci nya asal-asalan maka akan mempengaruhi kulaitas dari kerudungnya, misal seperti mencampur nya dengan cucian pakaian lain maka bisa saja kerudung menjadi luntur dan kualitas dari bahannya jadi menurun atau bahkan rusak , kan sayang ya. Maka dari itu penting nih untuk anda para muslimah yang memakai kerudung agar tahu bagaimana cara mencuci yang benar untuk kerudung.

Jadi kita punya tips nya nih bagaimana cara mencuci jilbab yang benar agar lebih awet dan tidak mudah rusak 




Pertama , Luangkanlah waktu untuk tidak menggunakan mesin cuci saat mencuci jilbab anda, karena putaran pada mesin cuci dapat mengakibatkan kerusakan pada kain jilbab. Sebaiknya anda siapkan satu buah ember yang berisi air untuk merendam jilbab, dan pisahkan jilbab dari pakaian lainnya saat merendamnya agar warna jilbab tidak terkena lunturnya pakaian.

Kedua, Setelah memisahkan jilbab dengan pakaian maka sebisa mungkin anda pisahkan juga jilbab berdasarkan warna,misalkan warna jilbab putih sendiri, warna hitam sendiri begitu juga warna lainnya. Hal ini untuk menghindari lunturnya jilbab , bayangkan jika jilbab putih dicampur dengan yang lain maka bisa saja jilbab putih anda akan kena luntur jilbab lain yang berwarna merah atau bir

Ketiga, Rendam jilbab anda selama kurang lebih 15-20 menit dengan air yang sudah dicampur dengan sabun yang kadar sabunnya soft, anda bisa membaca kadar sabunnya di balik kemasan sabun tersebut. Biasanya kadar sabun yang soft memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar.

Keempat, Mulailah mengkucek jilbab anda , anda bisa menggunakan sarung tangan karet agar jilbab yang sedang dicuci tidak mudah kusut apalagi saat dicuci berulang kali. Dan menggunakan sarung tangan juga meminimalisir alergi kulit tangan pada sabun.
 Saat menjemur jilbab anda sebaiknya tidak menggunakan jepitan pakaian karena bisa merusak kondisi jilbab anda saat kering nanti. Biasanya terdapat bekas mengkerut, maka jemur jilbab anda dengan menggantungnya di hanger yang berbahan plastik.

Keenam, Saat jilbab anda sudah kering, maka pilah jilbab mana saja yang harus atau bisa anda setrika. Karena tidak semua jenis model hijab bisa disetrika. Dan gantunglah jilbab yang tidak disetrika dengan rapi,agar lebih mudah dicari dan terlihat rapi.

6 langkah mencuci jilbab merupakan bagian dari tips hijab yang kami sediakan. Selamat menikmati sajian kam yah :) 





Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mencuci Jilbab Supaya Awet dan Tetap Cling"