Tips Memilih Hijab sesuai bentuk wajah

Pentingnya memilih hijab sesuai bentuk wajah agar penampilan hijab lebih menarik lagi. Karena setiap manusia memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda,adang diantara kita sering bingung bentuk wajah yang kita miliki dan langsung mengambil cermin untuk memastikannya. Dan untuk para muslimah tentu sering bertanya-tanya juga bentuk wajah jenis apa dan model hijab apa yang sesuai dan cocok dipakai untuk bentuk wajah yang dimiliki.

Penggunaan hijab yang sesuai dengan bentuk wajah juga sangat penting lho.. karena hal tersebut akan membuat pemakai hijab lebih percaya diri jika terlihat pas dan cocok menggunakan hijab. Tidak semua bentuk wajah cocok menggunakan model hijab tertentu , semisal wajah persegi menggunakan model hijab turban akan terlihat kurang cocok karena bentuk rahangnya yang semakin terlihat.

Nah berikut beberapa tips untuk anda memilih hijab sesuai bentuk wajah yang cocok dengan bentuk wajah anda.

WAJAH BULAT
Wajah yang bulat memiliki ciri dari kening ke dagu punya jarak yang sama dengan jarak kedua pelipis,dan tulang pipi yang tertutup oleh pipi. Bagi anda yang memiliki jenis wajah bulat,anda bisa menggunakan dalaman/ciput antem /anti tembem. Atau bisa juga dengan menggunakan pet topi.

Jenis bahan yang cocok untuk wajah bulat ini sendiri adalah jenis sifon serat jagung, rajutan ringan, crepe, karna bahan ini dapat memberi efek dimensi antara wajah dan jilbab sehingga bisa menyamarkan pipi chubby anda. Bahan yang dihindari untuk wajah bulat adalah yang jenis sifon sutra yang bahannya cenderung terlalu jatuh dan tipis, kaos tipis juga patut dihindari karna mempertegas wajah bulat anda. 

Cara Penggunaan Jilbab nya

Membuat sebagian jilbab asimetris seperti menutupi bagian wajah sebelah. Bisa dibuat dengan layer pada bagian wajah sebelah juga dapat menyamarkan bentuk wajah bulat. Untuk penggunaan ciput juga diperlukan , untuk ciput sendiri jangan menggunakan terlalu turun pada bagian kening anda. Ciput ninja memiliki jahitan yang dibawah telinga juga jangan dipasang terlalu rendah pada dahinya. Jangan gunakan ciput atau jilbab yang terlalu ketat dan yang menutupi hijab. Anda bisa melihat seperti gambar :

Wajah Lonjong atau Panjang

Hijab sesuai bentuk wajah yang cocok untuk wajah lonjong ini adalah dengan menggunakan bandana, sehingga memberikan kesan volume pada wajah anda. Anda juga bisa menggunakan model turkish style,jilbab model ini menggunakan dalaman/ciput yang menutupi sebagian area dahi jadi bisa menyeimbangkan wajah anda yang lonjong. Model hijab bervolume lain yang juga cocok adalah gaya inner bandana bertumpuk, gaya turban dan model jilbab lilit lapis juga bisa dijadikan gaya yang cocok agar tampil maksimal dan lebih cantik . 
Wajah Oval

Bagi anda yang memiliki wajah kecil / oval ini, menggunakan model hijab apapun sebenarnya cocok asal bagian wajah dibuat sedikit lebih terbuka, bagian pada pipi ditonjolkan agar wajah anda lebih terlihat besar. Anda bisa menggunakan dalaman/ciput seperti ciput topi, dalaman ninja, atau ciput maroko,yang pada bagian sudut jahitannya pada pipi berada dibawah hidung atau sejajar dengan tulang pipi anda. 
Dan saat memakai hijab anda bisa memajukan hijab sejajar vertikal dari ujung alis, mata sampai ke bawah mendekati dagu,ini akan memberi efek mengecilkan pipi. Pastikan juga pada dahi lebih terbuka keatas sehingga akan membuat efek pada wajah anda lebih panjang. Jika wajah anda oval, anda cukup mengatur scarf atau pashmina yang hendak dipakai agar mengikuti bingkainya. Karena pada umumnya wajah oval tidak begitu kesulitan saat mencari ‘angle’ yang terbaik saaat hendak mengkreasikan hijab.

Wajah Persegi atau Kotak

Salah satu ciri dari bentuk wajah ini yaitu rahang persegi, panjang wajah kurang lebih sama dengan lebar pada wajah, kening tulang pipi dan rahang memiliki lebar yang sama.

Apabila anda memiliki bentuk wajah kotak maka anda bisa menggunakan dalaman jilbab topi atau vciput ninja. Cara memakai jilbabnya adalah aplikasikan jilbab pada dahi,seperti dalam karakter hijab wajah bulat. Ketika penggunaan hijab, tutup bagian rahan sehingga membuat wajah yang tegas lebih terlihat lembut. Anda juga bisa menggunakan ciput variasi seperti yang digunakan marshanda agar wajah anda yang kotal lebih terlihat oval dan lembut dengan tidak mempertegas rahang.
Wajah Panjang 

Ciri dari wajah panjang yaitu panajng wajah lebih panjang dari lebar wajah, lebih cenderung memiliki tulang pipi yang cukup tegas, kening, tulang pipi dan rahang yang lebarnya sama sehingga di sini wajah terlihat panjang.

Cara menggunakan jilbab untuk wajah ini adalah anda bisa memakai ciput ninja yang bagian sudut jahitan pada pipi berada sejajar hidung atau batang hidung. Kenakan juga hijab yng sedikit agak mundur atau berjarak dari ujung alis agar wajah anda dapat memperlihatkan sudut rahang yang membuat wajah tidak terlalu lonjong. Akan tetapi pada bagian dahi agak diturunkan dalaman jilbabnya.


Wajah Hati dan Segitiga 

Ciri dari wajah bentuk ini yaitu rahang sempit sama dengan bentuk wajah yang oval,tapi bentuk dagu nya melancip / runcing, bentuk lebar pada bagian kening dan pipit . Terlihat seperti garis lengkung menyerupai hati dati kening dan semakin sempit dibagian rahang.
Wajah Segitiga

Cirinya memiliki raha yang lebih besar dan berbentuk hati,garis rahang dominan tulang pipi, pelipis, kening sempit dan bagian dagu lebih besar.

Untuk yang berwajah jenis ini anda bisa memakai hijab dengan ninja yang sudut jahitan pada pipi berada di bawah tulang pipi. Pakai dalaman topi yang melengkung natural, jika anda ingin menambahkan dapat memakai jilbab yang terlalu maju ke arah dagu supaya dagu tidak tampak makin lancip. Berilah jarak sudut alis dan mata hingga dagu , tidak terlalu maju dan tidak terlalu mundur. Atur jilbab bagian dahi sedikit ke atas.

Demikianlah tips memakai hijab sesuai bentuk wajah yang harus anda ketahui . Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Memilih Hijab sesuai bentuk wajah "

  1. Tips yang sangat membantu, dan menginspirasi bagi yang ingin membeli pakain muslim yang baik.

    ReplyDelete