Kesalahan yang sering dilakukan dalam Merawat Pakaian

Seringkali kita melakukan kesalahan saat merawat pakaian kita, entah saat mencuncinya, menjemur atau bahkan saat menyetrika. Apalagi kalau pakaian hijab yang notabennya panjang-panjang dan cenderung lebih mahal dari pakaian lain non hijab. Karena pada umumnya pakaian hijab memiliki desain khusus yang dapat memenuhi standar pakaian hijab yang tepat.
Bagi para wanita yang memakai hijab sebagai pakain sehari-hari, tentu memiliki beragam bahan dengan karakteristik yang berbeda, dan seringkali banyak kesalahan dalam hal perawatan. Disadari atau tidak hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi pakaian hijab anda. Baju cenderung lebih cepat rusak karena tidak mendapatkan perawatan yang benar. Padahal setiap baju memiliki karakteristik yang berbeda dab memiliki cara perawatan sendiri.
Maka dari itu kali ini trend hijab online akan mengulas kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat pakaian, silahkan disimak :

Menganggap Segala Jenis Pakaian Hijab itu sama...
Kesalahan yang sering dilakukan setiap orang saat merawat pakaian adalah semua jenis pakaian itu sama, termasuk pakaian hijab. Hal tersebut memperbesar kemungkinan pakaian akan cepat rusak terutama saat proses pencucian. Padahal beda jenis pakaian beda pula cara perawatannya.
Dengan alasan waktu, seringkali kita beralasan untuk melewatkan beberapa proses merawat setiap baju dengan perlakuan yang berbeda-beda. Kemudian mengambil cara termudah dengan memasukkan seluruh pakaian hijabmu menjadi satu dalam mesin cuci,padahal hal ini salah.Kamu perlu memisahkan antara jenis satu dengan jenis lainnya.
Akan sangat sayang kan kalau anda menemukan baju atau pakaian anda menjadi tidak seperti aslinya karena memperlakukan semua jenis baju sama.Jadi sebelum mencuci usahakan untuk memilah-milah terlebih dahulu baju mana yang membutuhkan perlakuan khusus. Misalnya baju tertentu hanya bisa di dry cleaning, lebih aman di cuci tangan, atau memiliki payet-payet khusus sehingga tidak cocok dimasukkan dalam mesin cuci.

Salah Memilih Detergen, Bisa Buat Pakaian Anda Cepat Pudar
Kesalahan kedua, pemilihan detergen. Perhatikan apakah pakaian hijab anda warna putih atau berwarna,karena sebaiknya pisahkan pakaian putih anda dengan baju berwarna. Apalagi jika ada pakaian yang mudah luntur. Pilih detergen yang sesuai, untuk baju putih anda bisa memakai detergen yang khusus mengandung pemutih. Sedangkan untuk yang berwarna bisa memilih yang biasa. Bahkan ada pula detergen yang bisa merawat warna pakaian tetap seperti semula. Saat ini sudah banyak tersedia merk detergen, pilih yang paling sesuai. Jangan hanya karena hargaya murah atau karena iming-iming piring cantik di dalamnya. Pilihlah juga berdasar bentuknya, ada yang berbentuk bubuk, cair, ataupun krim. Tersedia pula detergen khusus mesin cuci ataupun cuci tangan. Jangan lupa gunakan pewangi pakaian secukupnya untuk menjaga kesegaran pakaian.

Stop Pakai Air Panas Saat Mencuci
Kesalahan ketiga adalah penggunaan air panas untuk mencuci, dengan alasan karena ada noda membandel yang sulit dihilangkan. Sebaiknya anda menghindari air panas saat mencuci pakaianmu karena mayoritas bahan pakaian hijab tidak cocok dicuci dengan air panas, Terutama yang berbahan jeans serta pakaian yang berwarna-warni akan cepat pudar ketika menggunakan air panas ini. Baju kamu akan memudar warnanya saat akan dikenakan. Padahal serat kain masih bagus dan modelnya kamu sukai.Biasanya baju tertentu memberikan petunjuk berapa derajat suhu air yang cocok untuk mencuci baju tersebut.

Jangan Asal Jemur
Kesalahan keempat, saat proses penjemuran. Sesibuk apapun atau waktu yang sempit saat mencuci baju, lakukan langkah-langkah pencucian dengan benar. Terutama saat proses penjemuran, jangan malas atau takut kehabisan waktu sehingga kamu tidak membalik baju saat hendak menjemur.Padahal langkah sederhana ini cukup penting lho untuk menjaga warna baju agar tidak cepat memudar saat terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kesalahan Saat Menyetrika Pakaian Hijab
Kesalahan kelima, proses selanjutnya setelah baju kering yaitu menyetrika baju. Peraturan standar dari menyetrika pakaian adalah tidak semua bahan dibenarkan memakai suhu yang panas saat menyetrika. Jadi jangan asal panas saat menyetrika namun atur suhu yang disarankan sesuai dengan label pada baju anda. Jika tidak ada cukup perhatikan bahan pakaian hijab anda, misalnya bahan cerutti dan sifon yang cenderung tipis distel pada suhu yang paling rendah sehingga tidak mudah bolong karena setrika terlalu panas. Begitupun pada bahan lainnya, karena salah mengatur kadar duhu bajumu bisa saja berkerut bahkan bisa hangus terbakar.

Antara Dilipat atau Digantung
Terakhir, pastikan kamu mengetahui apakah jenis pakaian tersebut lebih cocok dilipat atau digantung. Mungkin ini tampak sepele namun untuk memaksimalkan perawatan dan bagian akhir dari proses merawat baju yang baik kamu juga perlu memperhatikan agar pakaianmu tersimpan rapi. Untuk pakaian berbahan kaos lebih cocok dilipat karena jika digantung kaos tersebut bisa saja melar. Namun bahan yang mudah kusut seperti katun lebih baik tidak membentuk liaptan-liaptan atau kusut kembali jika dilipat. Untuk hijab , miliki gantungan khusus hijab agar tidak memakan tempat dan siap pakai kapanpun dibutuhkan.

Nah, demikianlah beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat pakaian, semoga kamu bisa merubah kebiasaan yang bisa merusak kualitas dari pakaian yang kamu kenakan ya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan yang sering dilakukan dalam Merawat Pakaian"

Post a Comment