Mengenal Ciri dan Jenis Bahan Katun

Jenis kain katun sendiri tidak hanya satu macam, banyak jenis yang bisa menjadi piliha bahan dalam busana yang akan anda kenakan. Kain katun belakangan ini menjadi primadona dan terkenal di kalangan wanita muslimah. Seiring dengan munculnya long dress dari katun jepang dengan motif yang elegan.
Hal ini membuat para wanita yang ingin menggunakan bahan katun sebagai bahan pakaiannya perlu mengetahui apa saja ciri dan jenis dari bahan katun ini. Tujuan kenapa anda perlu mengetahui ciri-ciri dan jenisnya dalah agar tidak tertipu ketika berbelanja busana apalagi secara online.

Ciri-Ciri Kain Katun :
1. Memiliki tekstur yang halus dan lembut serta kuat dan tahan lama
2. Jika digunakan terasa nyaman dan tidak panas
3. Mudah dirawat
4. Karena terbuat dari serat alami maka kain katun tidak menjadikan alergi.

Jenis Kain Katun

1. Katun Bangkok
a. Bertekstur sedikit kasar
b. Lebih tipis dari katun biasa, kadan sedikit transparan dan menerawang
c. Biasanya dibuat untuk kemeja atau jenis blouse yang biasa dikenakan perempuan
2. Katun Rayon
a. Tekstur sedikit licin dan enteng sehingga mudah jatuh
b. Adem saat dipakai
c. Katun rayon mudah menyerap keringat
d. Katun rayon mudah kusut

3. Katun Silk Sutra
Katun sutra adalah katun yang bahannya terbuat dari kepompong ulat sutra,sedangkan katun silk adalah campuran atau kombinasi kain sutra dan kain katun.
a. Memiliki bahan yang enteng dan tekstur licin khas sutra
b. Nyaman digunakan, halus dan kuat
c. Meski enteng dan halus kain jenis ini kuat dan tahan lama
4. Katun Satin Jepang
a. Terasa dingin dan adem di kulit
b. Teksturnya lembut
c. Punya warna yang kuat
5. Katun China
Ada juga yang meyebutnya dengan zat katun twill,katun twill memiliki kualitas hampir sama dengan katun jepang. Katun twill umumnya lebih tipis dan warnanya kurang kuat. Dipasaran banyak sprei yang memakai zat katun twill ini, namun katun twill yang kualitasnya rendah.

6. Katun Paris
Katun jenis paris hampir sama dengan katun biasa. Namun katun paris lebih tipis dari katun biasa. Meski begitu harga kain katun paris nyaris sama dengan yang lain. Bahan katun paris biasanya digunakan untuk menjadikan blouse wanita dan bahan kerudung.
7. Katun Minyak
Katun jenis ini memiliki permukaan yang terkesan berminyak , seperti silk sutra hanya saja katun minyak lebih mengkilap lain dengan katun silk sutra. Dan katun minyak memiliki daya serap keringat yang lumayan bagus,sesudah beberapa pencucian kilap katun ini akan berkurang.
Selain ciri dan jenis bahan katun, anda juga bisa melihat beberapa referensi model pakaian, mukena atau hijab berbahan katun seperti dibawah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ciri dan Jenis Bahan Katun"

Post a Comment