9 Langkah Sehat Merawat Rambut saat Berhijab

Merawat rambut berhijab-- Saat ini sudah banyak sekali para muslimah yang memakai hijab , dari mulai anak muda sampai dewasa, tapi kadangkala masalah mucul ketika memakai jilbab, salah satunya masalah yang kerap mengganggu yaitu kondisi rambut yang jadi terlihat kurang sehat dan rambut rusak. 

Mengenakan hijab adalah salah satu identitas seorang muslimah. Maka dari itu sebisa mungkin kita para muslimah harus mengenakan hijab untuk menutup aurat. Nah keluhan terhadap kondisi rambut yang cepat rontok atau bahkan ketombe bisa kita atasi lho ... Jadi agar rambut tetap sehat sehingga aktivitas kita menjadi lebih nyaman.


Berikut ini tips nya bagaimana agar rambut tetap terjaga kesehatannya meskipun memakai hijab .




1. Mengeringkan Rambut sebelum Memakai Jilbab

Sebaiknya anda menghindari mengenakan jilbab saat rambut anda masih baah, hal ini karena dapat menyebabkan kerontokan pada rambut anda lebih cepat dan banyak sekali tingkat kerontokannya. Ini disebabkan karena rambut anda yang basah dan dikenakan jilbab maka kelembapan rambut anda menjadi tinggi dan dapat merontokkan rambut.

Maka dari itu, usahakan agar selalu mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum mengenakan jilbab. Bisa menunggu hingga kering atau lebih praktis dengan menggunakan hair dryer dengan temperatur rendah.




2. Menjaga kesehatan rambut secara rutin

Dengan melakukan perawatan kesehatan pada rambut seperti keramas 2 kali sampai 3 kali seminggu misalnya, dan gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda, memakai conditioner,serum serta masker rambut yang juga sesuai jenis rambut. Hati-hati juga jangan salah memilih produk perawatan rambutnya, pilih yang memang sudah benar-benar aman,

3. Melakukan pijatan ke kepala

Melakukan pijatan lembut ke kulit kepala setiap setelah keramas dan juga menambahkan vitamin untuk rambut mampu membantu menjaga kesehatan kulit rambut anda lho.. 






4. Lebih memilih jilbab bahan katun dan jilbab yang praktis

Jilbab berbahan katun memang lebih baik kualitasnya dibanding jilbab bahan lainnya. Bahan dari katun mampu melancarkan sirkulasi udara ke kepala, dikarenakan pori-porinya tersebut sangat bermanfaat bagi rambut agar sirkulasi udara tetap terjaga stabil.

Selain itu, anda bisa mengenakan jilbab yang lebih praktis dan tidak terlalu ribet. Model hiijab yang bertumpuk bisa membuat rambut cepat berkeringat dan menyebabkan tumbuh ketombe pada rambut. Maka dari itu lebih baik gunakan jilbab yang lebih simple.


5. Jilbab Warna Terang
Pada saat terik matahari sebaiknya anda menghindari menggunakan jilbab warna hitam karena jilbab warna gelap akan lebih cepat menyerap cahaya sinar matahari dan meningkatkan kadar kelembapan pada rambut dan membuat cepat berkeringat.Sebaiknya anda coba menggunakan jilbab warna terang misalnya dengan jilbab warna putih saja.



6. Selalu Menyisir Rambut
Menyisir dan merapikan rambut sebelum dan sesudah mengenakan jilbab dapat membuat rambut lebih terawat dan tidak mudah rusak. Sebaiknya saat menyisir gunakan sisir yang jarang agar rambut tidak terlalu banyak yang rontok, hindari menyisir rambut yang biasa dimulai dari belahan rambut karna bisa membuat kerontokan .

7. Jangan terlalu kencang mengikat rambut

Jika anda memiliki rambut yang panjang maka usahakan agar mengikat rambut dalam kondisi renggang atau tidak terlalu kencang agar tidak membuat kepala anda cepat pusing dan gunakan ikat rambut yang lembut. Juga hindari penggunaan ikat rambut dari karet gelang karena bisa merusak rambut. 



8. Memberi nafas rambut setelah menggunakan jilbab

Saat anda sudah mengenakan jilbab maka sebaiknya anda mengistirahatkan rambut anda, dengan jangan diikat dan biarkan rambut bernafas. Mengistirahatkan rambut bisa membuat rambut anda menjadi lebih segar dan mengurangi kelembapan pada kepala yang bisa mnegakibatkan kerontokan dan ketombe. Jadi setelah mengenakan jilbab lepas pengikat rambut ya .

9. Konsumsi serat dan olahraga cukup
Asupan nutrisi yang kita makan sebenarnya punya pengaruh besar dalam proses perawatan rambut dari dalam.serat yang terdapat pada buah dan sayur bisa menunjang kesehatan rambut muslimah terlebih jika rutin berolah raga, keluhan berupa ketombe, rambu bercabang akan berubah menjadi rambut lebat dan sehat. Jadi, pastikan ukhti juga mengontrol apa yang dimakan ya. 

Demikianlah 9 langkah sehat  bagaimana agar rambut anda para muslimah tetap terjaga sehat meskipun memakai hijab. Semoga bermanfaat ya dan masih banyak lagi ragam tips dan model terbaru seputar hijab, semua hanya ada di TREND HIJAB ONLINE





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Langkah Sehat Merawat Rambut saat Berhijab "

Post a Comment